Dogdog Lojor, Instrumen Musik Tabuh Khas Banten


Dogdog lojor merupakan instrumen musik khas dari daerah Banten Selatan. Instrumen ini dimainkan dengan cara ditabuh, sehingga mengeluarkan bunyi 'dog... dog...'.

Bunyi itulah yang menjadi asal muasal nama alat musik ini.
Adapun ‘lojor’ berarti panjang, sesuai bentuknya yang memiliki panjang hampir 1 meter.

Menurut beberapa sumber sejarah yang ada, Dogdog lojor  ini muncul pertama kali dan berkembang di Kabupaten Lebak, Daerah Banten Selatan.

Di sana alat musik Dogdog lojor  menjadi salah satu pengiring dan bagian dari ritual adat masyarakat setempat seperti seren taun atau ruwatan.

Bagi masyarakat Banten khususnya masyarakat baduy, alat musik Dogdog lojor  ini memiliki peran penting dan dianggap sebagai salah satu pusaka kesenian yang mengandung nilai-nilai magis dan sejarah di dalamya.

Salah satu variasi pengembangan fungsi instrumen ini terwujud dengan adanya prosesi ngadu Dogdog lojor .

Dalam prosesi ini, dua kelompok pemain Dogdog lojor dan angklung yang saling berhadapan dan mengadu ketangkasannya.
Masing-masing berupaya memukul dogdog milik lawannya. Adu ketangkasan ini dibungkus dengan gaya jenaka sehingga menjadi tontonan yang menghibur para penonton

Dalam perkembangannya, kini Dogdog lojor  tidak hanya digunakan untuk mengiringi acara adat yang bersifat sakral saja, namun juga berbagai acara lain yang bersifat hiburan seperti festival budaya, penyambutan tamu besar dan lain-lain.

Selain dijadikan sebagai musik pengiring, Dogdog lojor  ini juga dijadikan sebagai property dalam sebuah pertunjukan tari, salah satunya adalah Tari Dogdog Lojor.

Pengembangan ini dilakukan sebagai usaha dalam mempertahankan kesenian tradisional, agar tidak hilang seiring dengan perubahan jaman. Selain itu juga dapat membuat fungsi alat musik Dogdog lojor  semakin ini semakin beragam.


Untuk mendapatan Paket-paket wisata Budaya Dogdog lojor di Banten bisa menghubungi Agen Biro Parawisata yang ada di Banten,

Agen Biro Parawisata yang Ada di Pusat Pemerintahan Banten - Kota Serang yakni :
Flonova Tour www.Flonova.Net 
(Call/WA: 082125432398)
========================================================================
Wisata Banten, Wisata Religi, Wisata Budaya Dogdog lojor, Pantai Anyer, Tanjung Lesung, Ujung Kulon, Gunung Krakatau, Wisata Kuliner. Parawisata Banten, Parawisata Serang Banten, Parawisata Pandeglang Banten, Parawisata Lebak Banten, Wisata Alam Banten