Kelenteng Sampo Tay Jin


Kelenteng Sampo Tay Jin , Tempat ibadah etnis Tionghoa tersebut terletak di salah satu gang Jalan Otto Iskandardinata, Kota Tangerang.
Vihara di Kota Tangerang, Indonesia
Alamat: JL. Otto Iskandar Dinata, Gerendeng, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15113, Indonesia
Provinsi: Banten

Seperti halnya klenteng lain pada umumnya, Kelenteng Sampo Tay Jin juga memiliki benda pusaka.
Bedanya, benda keramat di klenteng tersebut justru tidak bernuansa Cina.

Di bawah altar Kelenteng Sampo Tay Jin pengunjung dapat menyaksikan beberapa keris yang dijaga oleh patung harimau emas.
Senjata yang dikeramatkan tersebut merupakan peninggalan salah seorang adipati di tanah Jawa.

Teras Kelenteng Sampo Tay Jin  yang dihiasi ornamen naga emas indah yang melingkari pilar dan burung hong cantik di pilar yang lain, mengapit hiolo Thian (Dewa Langit) keemasan berukir naga. Hiolo Thian selalu diletakkan di depan dan biasanya dengan landasan berkaki tiga.

Ruang utama Kelenteng Sampo Tay Jin  dengan patung Sampo Tay Jin, atau lebih terkenal dengan sebutan Laksamana Cheng Ho, tampak berada di tengah altar dengan pakaian kebesaran, diapit oleh dewa – dewa dan orang yang disucikan.
Sesajian berupa buah – buahan juga ditelakkan di meja altar.

Salah satu yang menarik di kelenteng ini adalah adanya sejumlah keris keramat yang diletakkan di bawah patung  Sampo Tay Jin, dengan tulisan “Adipati”, dan dijaga seekor harimau berwarna keemasan serta sebuah patung putih berjambul mirip Semar.

Pintu Kelenteng Sampo Tay Jin dihias dengan lukisan panglima perang berpakaian lengkap yang tampak sangat gagah dengan detail sapuan garis yang bagus dan komposisi warna yang indah. Ada pula lukisan seorang panglima perang pada sisi pintu yang lain.

Kelenteng Sampo Tay Jin dapat dikunjungi menggunakan kereta ekonomi maupun komuter dari Stasiun Jakarta Kota dan turun di Stasiun Tangerang.
Selanjutnya tinggal berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit kea rah klenteng. Bila ingin lebih praktis Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi.

Dari Jakarta ikuti Jakarta Inner Ringroad dan masuki ke Jalan Daan Mogot.
Setelah sampai persimpangan di ujung jalan, belok kiri ke Jalan Taman Makam Pahlawan Taruna lalu belok kanan ke Jalan Veteran.
Ikuti jalan tersebut hingga sampai Jalan Ki Samaun. Terakhir, belok kanan ke Jalan Suka Mulya untuk sampai Jalan Otto Iskandardinata.

Untuk mendapatan Paket-paket wisata seperti Kelenteng Sampo Tay Jin di Banten bisa menghubungi Agen Biro Parawisata yang ada di Banten,

Agen Biro Parawisata yang Ada di Pusat Pemerintahan Banten - Kota Serang yakni :
Flonova Tour www.Flonova.Net 
(Call/WA: 082125432398)
========================================================================
Wisata Banten, Wisata Religi Kelenteng Sampo Tay Jin, Wisata Budaya , Baduy, Pantai Anyer, Ujung Kulon, Gunung Krakatau, Wisata  kuliner. Parawisata Banten, Parawisata Serang Banten, Parawisata Pandeglang Banten, Parawisata Lebak Banten, Wisata Alam Banten