Klengteng Tjoe Soe Kong Banten

foto: https://merahputih.com

Klengteng Tjoe Soe Kong 
Alamat: Tj. Anom, Mauk, Tangerang, Banten 15330, Indonesia
Provinsi: Banten

Klengteng Tjoe Soe Kong  adalah klenteng tua yang yang dibangun abad-18, atau sekitar tahun 1792 di bibir Pantai Tanjung Kait, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Klengteng Tjoe Soe Kong ini dibangun oleh warga keturunan Tionghoa Tanjung Kait yang merupakan imigran dari Kabupaten Anxi di Provinsi Hok Kian Cina.
Nama lain dari Klengteng Tjoe Soe Kong  adalah Rong Jia Yi Da Bo Gong Miao.
Kelenteng tua yang memiliki halaman luas itu berada sekitar 100 m dari tepi jalan utama.

Kompleks beribadah penganut Khonghucu ini terdiri dari empat bangunan.
Bangunan induk terdiri dari empat ruang, ruang depan, tengah, belakang, dan vihara bagi penganut Buddha.

Hal yang unik di Klengteng Tjoe Soe Kong  adalah adanya altar Embah Rahman dan Empe Dato yang terletak di kiri kanan altar Hok Tek Ceng Sin, serta altar bagi Dewi Neng.
Dahulu kala Embah Rahman adalah seorang jawara terkenal di wilayah Tanjung Kait, mungkin karena itu altarnya sering didatangi oleh orang yang tengah mencari pesugihan. Dewi Neng adalah orang pribumi di Tanjung Kait yang konon merupakan anak Kongco Tjo Soe Kong.


Untuk mendapatan Paket-paket wisata Religi  Klengteng Tjoe Soe Kong  bisa menghubungi Agen Biro Parawisata yang ada di Banten,

Agen Biro Parawisata yang Ada di Pusat Pemerintahan Banten - Kota Serang yakni :
Flonova Tour www.Flonova.Net 
(Call/WA: 082125432398)
========================================================================
Wisata Banten, Wisata Religi Klengteng Tjoe Soe Kong , Wisata Budaya , Baduy, Pantai Anyer, Tanjung Lesung, Ujung Kulon, Gunung Krakatau, Wisata Kuliner . Parawisata Banten, Parawisata Serang Banten, Parawisata Pandeglang Banten, Parawisata Lebak Banten, Wisata Alam Banten